Instalasi Rekam Medis


Rekam Medis adalah berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang diberikan kepada pasien yang dikelola oleh Instalasi rekam medis.

Dan Instalasi Rekam Medis sendiri adalah suatu unit yang mempunyai tugas menyelenggarakan dan mengkoordinasikan pelayanan rekam medis dan pemantauan mutu rekam medis di seluruh unit pelayanan serta menyelenggarakan dan mengkoordinasikan pelayanan admisi pasien rawat jalan maupun pasien rawat inap di RSUD Kraton.

 

One Stop Service RSUD Kraton

One Stop Service RSUD Kraton adalah salah satu solusi untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada pasien. Dengan konsep ini pasien yang datang dapat dilayani di satu tempat atau area yang mudah dijangkau. Pasien diharapkan lebih mudah dan tidak mengalami kerugian waktu dan tenaga akibat unit pelayanan yang berbeda lokasi dan tidak berada di satu tempat.

Fasilitas dan pelayanan yang disediakan di One Stop Service RSUD Kraton adalah :

  • Mesin antrian, yaitu suatu perangkat sistem antrian dengan fungsi yaitu mengatur antrian yang terjadi akibat banyaknya pasien/pengantar pasien yang datang. Sistem antrian diperlukan agar tidak terjadi keluhan dari pasien, untuk itu diberikan suatu perangkat dan aplikasi antrian yang berfungsi untuk mengatasi antrian secara efektif .
  • Loket pendaftaran, tersedia 9 loket dengan alokasi loket pendaftaran dibuka berdasarkan jenis pelayanan yaitu antara pasien baru dan lama, pasien dengan jaminan baik BPJS, Jamkesda dan 1 loket untuk Pasien Umum.
  • Posisi Counter pendaftaran memberikan kenyamanan bagi pasien dalam mendaftar karena pasien dilayani dengan posisi duduk.
  • One way, Pasien dengan jaminan hanya satu kali antri di pendaftaran sekaligus mendapatkan jaminan dan langsung dipersilahkan untuk menunggu di klinik tujuan.
  • SIMRS sudah bisa optimal sehingga pelayanan pendaftaran pasien yang sudah pernah mendaftar (pasien lama) lebih cepat karena data sudah tersedia dalam database pasien. Proses komunikasi antara pendaftaran dengan penyedia berkas rekam medis (filing) sudah menggunakan SIMRS, sehingga kemungkinan terlewat lebih kecil atau bahkan tidak ada.
  • Kartu kontrol Barcode, proses pendaftaran pasien lebih cepat karena dengan sekali scan kartu tersebut, data pasien otomatis muncul. Petugas hanya perlu meregistrasi dan menyesuaikan klinik tujuan pasien.