Indeks Kepuasan Masyarakat

SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM)

RSUD KRATON KAB. PEKALONGAN

Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) dilakukan setiap 2 (dua) Tahun sekali. Survei terakhir dilakukan pada tahun 2018 dengan capaian kepuasan masyarakat sebesar 73,915.Nilai capaian tersebut menunjukkan bahwa RSUD Kraton masih perlu meningkatkan pelayanan yang lebih baik dan RSUD Kraton masih dijadikan alternatif oleh masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di wilayah Pekalongan dan sekitarnya. RSUD Kraton berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat untuk meningkatkan kepuasan pengguna layanan masyarakat. Nilai Interval Konversi SKM sebagai berikut :

Hasil Perbandingan dari masing-masing Unit

Tipe Penelitian

Tipe penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu dengan cara survei untuk menghasilkan kajian yang deskriptif analitis yang bermaksud memperoleh atau mendapatkan gambaran tentang tingkat kepuasan dan kepentingan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan oleh RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan.

 

Populasi

Populasi penelitian adalah pasien yang pernah dan sedang menggunakan pelayanan kesehatan, baik Pelayanan Gawat Darurat, Pelayanan Rawat Jalan, Pelayanan Rawat Inap, Persalinan dan Perinatologi, Radiologi, Laboratorium, Rehabilitasi Medik dan Farmasi di RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan.

 

Sampel

Jumlah responden dipilih secara Propotional to Size, yaitu besar sampel pada setiap instalasi pelayanan rumah sakit ditentukan berdasarkan jumlah kunjungan tahun 2017 yang tercatat pada medical record.